Menyisir Lokasi Hunting Photo Di Bangkalan

Jika kita menyelusuri Kabupaten Bangkalan, ternyata banyak juga lokasi (spot) hunting photo yang ada di kabupaten paling barat pulau Madura ini.  Berikut ini beberapa daerah yang menurut saya menarik dijadikan sebagai lokasi hunting :

Marcusuar (Lampu)

Lokasi Marcusuar atau yang sering disebut Lampu oleh masyarakat Bangkalan terletak di Desa Ujung Piring, Kecamatan socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Marcusuar merupakan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Bangkalan  ketika hari libur terutama ketika menginjak tellasan Topak (hari ke 7 idul fitrih). Marcusuar  juga merupakan  bangunan sejarah di Bangkalan, yang didirikan sejak zaman colonial belanda yang kini usianya telah mencapai  sekitar 1,5 abad lalu.

Selain memiliki design bangunan yang menarik dan kental akan nuansa belanda, bangunan kuno yang terletak di pesisir pantai ujung piring ini juga menawarkan panorama alam yang eksotis. Jejeran pohon besar dan rindang dan tertata rapi akan menyambut para pelancong  ketika memasuki lokasi marcususar. Hamparan pantai juga terlihat indah terutama ketika menjelang sore hari. Kita dapat menikmati nuansa sunset yang indah.  Selain menjadi obyek wisata marcusuar juga kerap disinggahi oleh para pecinta photography Bangkalan ataupun dari luar daerah untuk berburu photo baik landscape ataupun sebagai lokasi shoot dengan konsep preweding. ini beberapa contoh hasil shoot teman-teman BPC (Bangkalan Photography Club) di sekitar lokasi  Marcusuar Bangkalan.

Photo by : Fathur Rachman BPC

(klik disini untuk mengenal  & melihat karya Fathur)

Photo by : Kunto Wibowo BPC

Photo by : Robby Siswanto BPC

(klik disini untuk mengenal  & melihat karya Robby)

Photo by: Resta Ogi BPC

(klik disini untuk mengenal  & melihat karya Resta)

Photo by : Imam Agus P BPC

(klik disini untuk mengenal  & melihat karya Agus)

 Pantai Maneron

Bagi Masyarakat Bangkalan mungkin Pantai Maneron inilah satu-satunya potensi wisata pantai yang masih nature dan menawarkan sajian keindahan. Pantai maneron terlatak di Desa Maneron, Kecamatan sepulu, Kabupaten Bangkalan. Jarak tempuh menuju pantai ini kurang lebih sekitar 30 Km dan memerlukan waktu sekitar 1 jam dari kota Bangkalan. Selain jauh,  hal ini perlu dicatat oleh teman-teman, akses  menuju ke lokasi pantai ini lumayan ribet, selain jalan yang sempit kondisi jalan juga tidak mendukung, letak pantaipun  jauh dari jalan raya dan jauh di pedalaman rumah penduduk. Untuk menuju ke lokasi kita masih harus melewati areal persawaahan yang  hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.

Pantai ini memiliki lengkungan bibir  pantai yang panjang dengan butiran pasir putih dan halus. Bukan itu saja patai maneron juga memilki air laut yang jernih dengan gemulai ombaknya yang santai dan luruh. Pantai yang terletak di pesisir barat Madura ini juga menghadap langsung ke ufuk barat juga menawarkan indahnya perjalanan alam sunsetketika senja tiba. Pastinya keindahan alam maneron ini juga akan menawarkan lokasi hunting yang menarik bagi kawan-kawan photography. Namun ironisnya pantai yang menawarkan keelokan alam ini, ternyata belum dikenal luas oleh masyarakat luar, hal ini dikarenakan akses menuju pantai yang sulit dan tidak adanya pengembangan daerah potensi wisata dari pemerintah setempat😦.

Photo by : Agung Nugroho BPC

(klik disini untuk mengenal  & melihat karya Agung)

Kampung Nelayan Sepulu

Buat teman-teman yang hobi hunting photo konsep human interest (HI) juga bisa berkunjung ke Kampung Nelayan di Desa Banyu Sangkah, Kecamatan Sepulu, Bangkalan. Lokasi Kampung yang padat akan aktivitas nelayan ini sebenarnya tidak jauh dari lokasi pantai maneron. Dari lokasi maneron menuju ke kampung nelayan  hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Di lokasi ini teman-teman bisa hunting photo berbagai kegiatan nelayan, seperti pembuatan perahu, pembuatan rumpon dan berbagai aktivitas lainnya. Bukan hanya itu yang menarik dari kampung nelayan ini adalah jejeran perahu jumbo dengan brebagai warna dan hiasan sehingga mirip karnaval perahu.

Photo by : Resta Ogi BPC

Photo by : Resta Ogi BPC

Photo by : Resta Ogi BPC

Photo by : Agung Nugroho BPC

Pedeng

Pedeng merupakan sebuah areal pemakaman china yang terdapat di Desa Buluh Atas, Kecamatan Socah, Bangkalan. areal pemakaman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi bagi pecinta photography Bangkalan, karena memiliki bentuk makam (nisan) yang kental akan culture china. Lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat photo sesion model. Ini beberapa contoh hasil potret teman-teman BPC di lokasi areal pemakaman kuno pedeng.

Photo by Robby BPC

Photo by : Agung Nugroho BPC

Pecinan (Bangkalan Old Town)

Selanjutnya tempat yang sering juga disinggahi teman-teman komunitas Photography Bangkalan untuk ajang jeprat-jepret adalah chines town atau yang lebih dikenal dengan pecinan. Dahulunya tempat ini adalah areal perumahan yang dihuni oleh kalangan bangsawan Bangkalan, ini bisa dilihat dari banyaknya bangunan-bangunan dengan nuansa kuno. Menurut beberapa sumber cerita yang beredar dimasyarakat, para bangsawan pribumi Bangkalan pada masa itu (tempo dulu) kerap bermain judi dengan warga pendatang asal china, hingga harta mereka terkuras dan akhirnya beberapa bangunan kuno tersebut berpindah tangan. berikut beberapa contoh hasil hunting teman-teman BPC di lokasi pecinan.

photo by resta ogi BPC

Photo by resta ogi BPC

photo by imam agus BPC

photo by Fathur Rachman BPC

Beberapa tempat diatas merupakan sebagian lokasi yang sering dijadikan spot hunting photo oleh komunitas photography Bangkalan.  Sebenarnya masih banyak lokasi menarik untuk dijadikan spot hunting photo, mungkin next time akan saya tulis juga beberapa tempat seperti Air terjun Toroan di Kecamatan Kokop, Wisata Bukit Geger dan beberapa tempat menarik lainnya.

5 responses to “Menyisir Lokasi Hunting Photo Di Bangkalan”

  1. Chairul Anwar, M.S, drh, PAVet(K). says :

    Membaca tulisan ini, ingin mengajukan saran pada peng hobi fotografie di Bangkalan, untuk mengundang komunitas fotografie yang tinggal di daerah luar Bangkalan misal Surabaya untuk hunting bareng dengan thema khusus misal Prewedding, bahkan motret model, masalahnya apa masyarakat bisa menerima kedatangan para fotografer atau mbak2 model yang cenderung berpakaian seksi ? tentu saja akses menuju lokasi juga harus dipertimbangkan .. Terima kasih, salam jepret.

    • bangkalanpixel says :

      Terimaksih om Chairul Anwar atas sarannya. saat ini teman-teman photography Bangkalan memang sedang giat-giatnya membina hubungan dengan berbagai komunitas lainnya, termasuk komunitas photography Bangkalan dan mengadakan event meskipun masih diliingkup Bangkalan dan Madura. mungkin agenda kedepan kami bisa mengundang teman-teman komunitas dari luar madura untuk mengadakan hunting bareng. karena itu melalui blog sederhana ini teman-teman juga bisa menginformasikan berbagai informasi terutama event2 menarik di Bangkalan sekaligus sebagai media silaturahmi teman-teman Photography Bangkalan dengan Komunitas Lainnya. trims

  2. Yandi says :

    Gak wajib cewek seksi dong…untuk memulai bisa dengan hal yang netral. Misal ke Pantai Maneron, Sambilangan, ambil landscaping. Atau ke Sepulu ambil HI. Saya kira itu juga akan membuka daerah tsb lebih dikenal masyarakat. Mohon email sahabat, barangkali kalau saya ada waktu saya minta bantuan Anda untuk ke Maneron.

    • bangkalanpixel says :

      terimaksih masukannya mas yandi masukannya.alhamdulillah selain hunting model cew seksi..teman2 (bangkalan Photography Club) juga sudah beberapa kali hunting landscape dan human interest dan hasilnya juga sudah beberapa kali mengisi pameran lokal di Bangkalan..
      monggo mas klo mw berkunjung ke maneron, dengan senang hati saya akan mendampingi.
      ini email saya : hasta.m.yogi@gmail.com

    • bangkalanpixel says :

      assalamualaikum…sebelumnya terimakasih mas yandi sudah berkunjung ke blog yang masih sederhana ini dan sumbangsih saran masukannya. maaf saya juga baru bisa membalas komentar mas yandi. dengan senang hati mas kalau ada waktu saya akan mengantar ke panatai maneron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: